Julukan Kontestan 16 Besar Liga Champions 2017

Julukan Kontestan 16 Besar Liga Champions 2017

Pada minggu ini fans sepakbola bisa lagi-lagi menikmati hebohnya Liga Champions usai sekitar 2 bulan lebih libur. Persaingan antar klub Eropa sangat bergengsi di benua biru sudah memasuki babak 16 besar. Menariknya, seluruh tim kontestan dari babak 16 besar Liga Champions musim ini memiliki julukan unik sehingga tak semua tahu apa maknanya.

Nah dibawah ini akan saya sampaikan sejumlah julukan yang diberikan kepada sejumlah kontestan klub yang berlaga di babak 16 besar liga champions musim 2016 – 2017 yang berasal dari sumbernya langsung yakni adalah:

  1. The Gunners Arsenal dibentuk oleh pekerja pembuat persenjataan perang 1886 di Woolwich, kawasan tenggara London yang lalu bekerja sama bersama militer setempat. Oleh sebab itu, mereka menggunakan nama Arsenal (pabrik senjata) tuk sebutan klub dan meriam digunakan sebagai logo klub, yang melulu konsisten digunakan sampai saat ini.
  2. Los Colchoneros Atletico memiliki beberapa ungkapan semacam Los Rojiblancos serta Los Colchoneros. Bila Los Rojiblancos berarti merah-putih serasi warna kesebelasan tim sekota Real Madrid. Lalu gimana dengan Los Colchoneros? Setelah perang saudara Spanyol, banyak matras yang dibikin dengan desain merah-putih hingga jadi bahan yang sangat murah di pasaran. Atletico yang mulanya jersey biru-putih dengan instan langsung merubah warna jerseynya sejenis warna itu.
  3. La Blaugrana Ada sejumlah julukan tuk Barcelona. Barca sangat sering disebut lantaran singkatan Barcelona. Blaugrana pun tak kalah sering mengingat memiliki arti Biru-Merah warna khas. Namun julukan Cules tuk para fans Barcalah yang sangat menarik. Julukan Cules alias pantat sering dikaitkan tuk para suporter yang tak kedapatan tempat duduk ketika bertanding di markas lawas Barcelona, Stadion Les Corts. Mereka kemudian duduk di tembok stadion tak begitu tinggi dan tanpa disadari memperlihatkan pantat mereka pada orang berlalu lalang.
  4. Die Roten 6 tahun setelah didirikan tahun 1900, Bayern melulu dihubung-hubungkan pada klub olahraga lainnya Muenchner Sport-Club mengingat menggunakan lapangan serta fasilitas yang sama. Supaya tak sering disamakan maka Bayern musti mengganti warna celana mereka yang tadinya hitam jadi merah. Semenjak itu Bayern dapat istilah Si Merah.
  5. Aguias Elang (Aguias) sudah melekat di lencana Benfica semenjak klub ada pada 1904. Elang adalah simbol kemerdekaan, otoritas, serta bangsawan. Benfica pun punya 2 elang botak yang dikasih nama Vitoria (Kemenangan) serta Gloria (Kejayaan). Biasanya menjelang pertandingan kandang, Benfica melulu menerbangkan Elang mengelilingi stadion dan hinggap di lambang klub.
  6. Die Schwarz-Gelben Dortmund mulanya mengenakan warna merahputihbiru. Namun kemudian beralih warna saat 1913 usai lobi yang dilaksanakan presiden klub August Busse. Kuning-hitam merupakan warna khas Britannia, klub yang merapat dengan Dortmund beberapa tahun yang lalu. Maka dari itu mereka terkadang juga dikenal The Lemons.
  7. La Vecchia Signora Ada tidak sedikit perdebatan tentang asal-usul julukan Juventus satu ini. Tapi mayoritas orang percaya julukan Si Nyonya Tua bersumber dari keluarga Agnelli yang memiliki klub tahun 1920an. Kehadiran keluarga ini meninggikan gaya mumpuni, ‘lo stile Juve’ (gaya Juve), hingga pilih figur wanita tua kaum bangsawan.
  8. The Foxes Leicestershire merupakan tempat di mana aktivitas berburu rubah lahir. Kini aktivitas ini telah dianggap ilegal di Inggris. Julukan Rubah mulai diadopsi tahun 1920. Para pemain pun berjalan keluar lapangan dibawah motto yang serin gdi dengar saat sebelum bertanding ‘Foxes Never Quit’.
  9. Die Werkself Leverkusen dibikin oleh perusahaan super besar farmasi di Bayer lalu didirikan pada tahun 1904 menyusul petisi yang sudah ditandatangani oleh mungkin lebih dari 170 pekerja saat yang ada di perusahaan farmasi itu.
  10. Citizens – The Sky Blues Citizens adalah kepanjangan City (angggota klub kini disebut Cityzens). Sky Blues dipetik berdasarkan warna baju home mereka yang warnanya mirip seperti warna biru di langit.
  11. Les Rouges et Blancs Julukan Merah-Putih pada AS Monaco diambil dari warna klub. Warna tersebut diadopsi dari warna bendera pemimpin daerah itu, House of Grimaldi.
  12. Partenopei Julukan Partenopei pada Napoli diilhami dari nama tua kota ini, Parthenope. Didalam mitologi Yunani Parthenope merupakan satu mahkluk mitologi yang menceburkan dirinya kedalam laut dan tenggelam pasca gagal menghipnotis Ulisses dengan bernyanyi. Kota ini dinamakan seperti itu tuk menghormati dirinya menjadi legenda lantaran konon tubuh dari Parthenope terdampar dan ada di pulau kecil dikenal dengan Megaride.
  13. PSG Kata PSG adalah akronim dari klub Paris tersebut. Sepakbola Prancis kian senang menyebut PSG dibanding julukannya Les Parisiens (Paris).
  14. Dragoes Naga sudah menjadi simbol Porto semenjak abad 19. Hewan mitos tersebut mewakili semangat juang dan tidak terkalahkan. Porto kian menggunakan lambang naga tahun 1922 atas saran dari eks pemain Augusto Baptista Ferreira.
  15. Merengues Salah seorang komentator radio Spanyol kian menyamakan kemeja putih punya Madrid dengan meringue (salah satu kue asal Prancis memakai toping gula diatasnya). Seorang penulis koran Inggris The Times pun pernah membuat julukan Vikingos, ketika membandingkan keunggulan Madrid 7-3 terhadap Eintracht Frankfurt di final Piala Eropa 1960 dengan invasi orang viking di Eropa.
  16. Palanganas Satu dari beberapa julukan yang tak jelas asal usulnya bagi Sevilla. Salah satu penjelasannya ialah Estadio Ramon Sanchez Pizjuan tampak menyerupai sebuah wastafel. Ada pula yang mengatakan bahwa wastafel di awal abad 20 memiliki warna putih lapisan merah, mirip semacam warna khas klub.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s